Gerakan Jalak745 dan Peningkatan Beasiswa Siswa SMATN

Keresahan bersama telah terjadi di seluruh alumni SMA Taruna Nusantara dan Ikastara tentang perbaikan kualitas output pendidikan SMA Taruna Nusantara yang cenderung mengalami penurunan.

Sejumlah alumni bahkan secara intensif telah melakukan pembahasan bersama dalam Gerakan TN Reborn. Oleh karena itu pula, di internal tnlima juga terjadi pembahasan untuk peningkatan porsi penerima beasiswa dari Ikastara ini.

Rekan Wahyu Yoga “Bono” Pratama TN5 memberikan ide tentang pay it forward dimana setiap alumni Taruna Nusantara bertanggungjawab untuk meneruskan beasiswa yang ia terima kepada adik-adik kelas berikutnya. Jika setiap alumni memberikan beasiswa, maka dapat kita pastikan SMA Taruna Nusantara dapat gratis kembali seperti sedia kala.

Tentu, proses ini memerlukan kesadaran dan koordinasi yang kuat untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, salah satu langkah koordinasi bisa kita lakukan di internal angkatan masing-masing terlebih dahulu mengingat terjadi komunikasi yang intensif antar alumni dalam satu angkatan. Kami dari alumni tnlima menghitung kembali, berapa besar hutang kami kepada SMATN yang telah memberikan pendidikan yang gratis dan berkualitas tinggi. Kami sebut hutang karena SMA Taruna Nusantara telah menjadi bagian dari sejarah hidup masing-masing alumninya, untuk dapat melangkah kepada kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Sewaktu penerimaan siswa, tnlima diterima 250 orang. Jika seluruhnya lulus, maka akan ada hutang selama 250 kali tiga tahun atau 750 tahun beasiswa. Namun, karena ada dua orang yang drop out pada kelas II dan satu orang drop out pada kelas I, maka hutang tersebut dipikul secara bersama-sama sebanyak 745 tahun beasiswa. Inilah hutang beasiswa kami kepada SMA Taruna Nusantara yang dipikul secara bersama-sama oleh satu angkatan karena telah ada dua orang alumni yang telah mendahului kami. Ini lah kenyataan sejarah yang tidak dapat kami lupakan.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka lahir lah Gerakan Jalak 745, Jangan Lari dari Kenyataan bahwa Utang Lo 745. Kami melakukan bookbuilding dimana setiap alumni ditanyakan tentang kesediaan nya dalam satu tahun untuk memberikan beasiswa, termasuk mekanisme penyetorannya. Hasilnya, luar biasa, lebih dari setengah angkatan lima memberikan komitmennya untuk memberikan beasiswa kepada siswa SMP yang tidak mampu namun mampu menjadi siswa SMA TN. Dana komitmen yang terkumpul lebih dari Rp 500 Juta untuk setiap tahunnya. Berdasarkan pembahasan internal tnlima, maka kami komit untuk menambah alokasi beasiswa Ikastara yang berasal dari Gerakan Jalak745 ini, menjadi 5 orang.

5 orang ini dapat semakin besar jika PP Ikastara, YNBP, dan gerakan sejenis dapat di launching pada angkatan abang-abang dan adik-adik yang lain. Dengan ini, kita dapat bergerak bersama meningkatkan alokasi penerima beasiswa yang berasal dari Ikastara. Semakin banyak alokasi beasiswa Ikastara bagi siswa TN diharapkan semakin baik kualitas lulusan SMATN, serta semakin tinggi pula daya tawar Ikastara dalam mengajak pihak lain terlibat untuk membantu pembiayaan SMATN.

Yang paling penting, semakin banyak beasiswa Ikastara bagi siswa SMP yang tidak mampu di SMATN, semakin nyata bahwa kita tidak lari dari kenyataan bahwa kita telah berhutang kepada SMATN. Dalam rangka realisasi gerakan beasiswa Jalak745 ini, kami juga mengundang seluruh abang, rekan dan adik alumni untuk dapat datang pada Jalak745 Fun Run 10K/5K yang akan dilaksanakan di Pintu Utara II Ragunan, 30 November 2013 Pukul 06.00 (Running Pack Collection and Run After). Besaran Fee seikhlasnya dan 100 persen profit untuk Beasiswa TN. Segera daftar di jalak2013@jalak745.com .

Semoga Tuhan memberkati sumpah dan janji alumni. Jayalah selalu Ikastara, Jayalah selalu SMA Taruna Nusantara.