IGK Ari Wijaya Saputra

Selepas SMA TN, saya mendapat kesempatan untuk kuliah di Australia. Setelah lulus dan pulang ke Indonesia, saya ternyata sulit mendapat pekerjaan. Padahal sudah ratusan surat lamaran saya kirim.

Setelah enam bulan mencari, akhirnya saya diterima kerja. Namun tidak bertahan lama karena dipecat. Saya pindah ke perusahaan lain dan lagi-lagi diberhentikan. Di tempat kerja ketiga, saya sempat bertahan setahun sebelum akhirnya mengundurkan diri.

Di titik ini, saya mengambil keputusan bulat tidak akan berkerja lagi untuk perusahaan orang. Motivasi saya mencari kerja selama ini ternyata keliru. Saya ingin membuktikan bahwa lulusan luar negeri lebih baik daripada lulusan sekolah lokal.

Saya kemudian memotivasi diri untuk berbisnis. Saya menyenangi produk yang saya dagangkan dan efek positif yang ditimbulkannya pada lingkungan.

Empat tahun sudah saya coba jalani usaha dengan pasang surut. Tapi tidak ada lagi kata menyerah. Saya selalu berusaha mencari jalan yang lebih baik dalam memajukan usaha saya ini.